Pesan Segera di:


SMS/ Telp: 0818 439 240
Telp: 0815 555 3040

7DC76263

0818 439 240

Ikuti TalkShow Maduraja di Radio MQ FM 102.7 Setiap hari Minggu jam 07.00-08.00

Konsultasi Madu Raja Bio Energi
Call/ SMS ke:
022 9325 4361
0857 2082 9971

Beny Andriansyah, A.Ks
(Pengisi talk show Madu Raja Bio Energi MQFM 102.7 setiap hari Minggu jam 07.00 - 08.00)

Khasiat Madu Bagi Kesehatan Untuk Anak Pra Sekolah dan Balita

dikutip dari Basic Knowledge Madu Raja Bio Energi
oleh Beny Andriansyah, A.Ks

Madu mengandung zat-zat yang baik dan sempurna bagi  pertumbuhan  dan perkembangan tubuh dan mental anak-anak, karena mengandung:

Gula,  sebagai karbohidrat (sumber tenaga), yang terdiri dari:

  1. Gula jenis glukosa yang mudah diserap oleh tubuh menjadi energi/ tenaga yang menunjang aktivitas anak-anak dalam kehidupan sehari-harinya.
  2. Gula jenis fruktosa yang merupakan cadangan energi/ tenaga yang secara pelan-pelan diserap oleh tubuh, sehingga anak-anak yang minum madu tidak akan khawatir kekurangan energi/ tenaga (tidak mudah loyo) tetapi selalu aktif, sehat, kuat dan lincah serta bersemangat.
  3. Dengan zat gula sebagai sumber karbohidrat yang lengkap dan sempurna, maka anak-anak tidak dikhawatirkan mudah terserang penyakit, malnutrisi atau mengalami gizi buruk.

Air; air yang ada di dalam madu adalah media atau tempat meyimpan zat-zat kandungan madu yang juga merupakan unsur yang sama dan utama yang ada di dalam tubuh manusia.

Kalori; 1(satu) Kg madu mengandung 3.280 kalori dan menurut Departemen Kesehatan RI, 1 (satu) Kg madu setara dengan 50 butir telur ayam, 5.675 1 susu sapi, 1.680 kg daging sapi, 40 buah jeruk dan 25 buah pisang. Sehingga madu memiliki nilai gizi yang sempurna bagi anak dan tidak akan khawatir kekurangan gizi atau kelebihan gizi (malnutrisi) ataupun gizi buruk.

Enzim, Hormon dan Asam Amino; diperlukan dalam proses biokimiawi dalam tubuh dan mengatur aktivitas sel dan organ tubuh agar tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik dan mentalnya (olah rasa dan olah fikir yang sehat dan optimal) sehingga menjadi anak yang sehat, cerdas, rajin dan pintar. Senyawa neurotransmiter dalam madu akan meningkatkan fungsi otak anak sehingga anak menjadi pintar dan cerdas.

Vitamin; yang terkandung didalam madu adalah vitamin A, Betakarotin, Vitamin B kompleks (lengkap), Vitamin C, D, E, K, B6, riboflavin, thiamin dan asam pantetonat.

Mineral; yang terkandung didakam madu adalah zat besi, kalium, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, natrium dan fosfor. Zat lainnya adalah barium, seng, sulfur, klorin, yodium,zirconium, gallium, vanadium, cobalt dan molybdenum, juga sebagian kecil bismuth, germanium, lithium dan aurum. Dengan demikian anak-anak tidak akan dikhawatirkan kekurangan vitamin dan mineral, karena vitamin dan mineral yang ada dalam madu adalah yang terkaya dan terbaik.

Madu yang dioleskan pada gusi bayi adalah obat penenang dan anestesi (penghilang rasa sakit / tidak nyaman) yang aman bagi bayi pada masa pertumbuhan giginya.

Madu baik untuk anak-anak karena berfungsi sebagai disinfektan, memperbaiki susunan darah, meningkatkan kadar haemoglobin dan menambah nafsu makan.

Madu bersifat penenang (sedatif) berguna untuk mengatasi ngompol pada anak-anak disamping membuat tidur lebih nyenyak.

Madu bermanfaat untuk mengobati cacingan, batuk, pilek dan demam pada anak-anak.

Anak-anak yang senang bermain air atau kotor-kotoran juga senang dengan jajanan yang mengandung zat pewarna dan zat pengawet buatan (kimia sintetis) akan terlindungi, karena:

  1. Antibiotik yang dapat menghambat bahkan membunuh bakteri, melalui tekanan osmotik yang tinggi juga keasaman PH nya yang berada pada kisaran 3,5 sd. 4,5.
  2. Anti Oksidan yang lengkap dan baik berupa polifenol, Vitamin E dan C, pinocembrin, pinobaksin, Chrysin, dan galagin juga enzim katalase dan mineral selenium.
  3. Meningkatkan bakteri prebiotik di dalam usus sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga menguatkan metabolisme/pencernaan di dalam tubuh.
  4. Antiseptik yang luar biasa dan teratas di kelasnya yaitu berupa hidrogen peroksida yang akan muncul (bereaksi) apabila madu dilarutkan (dicampur) dengan air bening (air minum).

Cara Terbaik Minum Madu Bagi Anak-Anak Pra Sekolah dan Balita:

  1. Bacakan Basmallah atau kalau anak-anak sudah bisa membaca Basmalllah biarkan atau suruh anak tersebut membacanya sendiri, niatkan untuk mendapatkan khasiat madu untuk kesehatan atau pengobatan penyakit yang dideritanya, juga memohon berkah dari Allah SWT
  2. Apabila cuaca panas atau badan panas karena aktivitas sehari-hari, sebaiknya minum madu dicampur air dengan perbandingan 1 sendok madu dengan segelas air ukuran 200ml atau segelas kecil.
  3. Sebaiknya tidak menyimpan madu di dalam lemari es karena akan mempercepat proses granulasi (penggumpalan) atau kristalisasi (pengkristalan) sukrosa, fruktosa atau glukosa, sehingga menyulitkan untuk dikonsumsi secara langsung  (harus dipanaskan dibawah suhu 60 C).
  4. Konsumsi harian:
    1. Bagi bayi dibawah 12 bulan cukup dioles dibibir atau digusinya 1 (satu) hari sekali, usahakan ibunya yang mengkonsumsi madu secara rutin agar terbawa pada ASI yang diminum oleh bayinya.
    2. Anak-anak usia 1 sd. 5 tahun:

Pagi hari 1 (satu) sendok teh sampai dengan 1 (satu) sendok makan.

Siang hari 2 (dua) sendok teh sampai dengan 2 (dua) sendok makan.

Malam hari: 1 (satu) sendok teh sampai dengan 1 (satu) sendok makan Bisa dicampur air atau dipakai sebagai selai roti.

diketik ulang oleh Supriyono
alangkah indahnya hidup apabila saling menghormati hasil karya dengan meminta izin sebelum mengutip di web. Untuk share ke jejaring sosial, silakan menggunakan ShareThis yang telah disediakan.

You must be logged in to post a comment.